Rabu, 18 Maret 2020

Review jurnal Grafika Komputer 2 Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Gambar


Review jurnal Grafika Komputer 2


Review jurnal

Nama    : Ragil Yoga Mahendra
Kelas     : 3IA03
NPM     : 54417881
Dosen    : Karmilasari
Matkul  : Grafika Komputer 2

Judul         : Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Gambar



Meningkatkan Kemampuan Membaca Dengan Metode Gambar



Abstrak

Membaca merupakan pembelajaran penting bagi anak-anak usia pemula. Dengan belajar Membaca mereka akan mendapatkan informasi dari bacaan Yang mereka baca. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca anak dengan bantuan gambar. Semakin seseorang itu Membaca buku, seharusnya akan semakin cepat kemampuan mebacanya. Tetapi Dengan gambar biasanya anak-anak akan lebih mudah mengerti visualisasi tentang apa yang mereka baca, dan mereka tidak akan mudah merasa bosan karena ada metode gambar dalam proses Membaca, Karena dapat mempengaruhi minat membaca pada anak itu sendiri.



Pendahuluan

Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Disebut reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan memungkinkan orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasannya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca di sekolah mempunyai peranan yang penting. Dalam pembelajaran membaca, guru dapat memilih wacana-wacana yang berkaitan dengan tokoh nasional, kepahlawanan, kenusantaraan, dan kepariwisataan.S elain itu melalui contoh pembelajaran membaca, guru dapat mengembangkan nilai-nilai moral, kemampuan bernalar, dan kreativitas anak didik.





Metode Penelitian

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang penulis urai di MIN Buol Kabupaten Buol. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 26 orang, 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan yang rata rata berumur enam
tahunsampai tujuh tahun dengan karakteristik yang berbeda-beda dan lebih menyukai proses pembelajaran dengan metode bervariasi, tidak hanya di dalam ruangan kelas saja. Siswa lebih senang proses pembelajaran yang memberi kesempatan siswa untuk eksistensi diri melihat tampilan teman-temannya. Namun siswa yang aktif dalam diskusi hanya siswa yang tertentu saja. Sebagian besarmasih kurang aktif dan kurang kreatif dalam belajar.
Latar belakang sosial- ekonomi siswa mayoritas anak petani dengan tingkat kesejahteraan menengah kebawah. Buku-buku pembelajaran yang di miliki sendiri masih terbatas, namun rata-rata mereka memanfaatkan sarana perpustakaan sekolah yang cukup memadai. Kemampuan akademik siswa masih terbatas karena motivasi belajar siswa yang rendah. Situasi kelas saat pembelajaran masih belum optimal, siswa masih belum seluruhnya mempunyai keaktifan dalam belajar.

a. Teknik analisis data
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan terus-menerus dalam proses pembelajaran sampai akhir penelitian. Semua data yang dikumpulkan dianalisa secara kualitatif dengan nilai data yang di peroleh dari sumbernya.

(https://media.neliti.com/media/publications/121599-ID-meningkatkan-kemampuan-membaca-permulaan.pdf)



Hasil Dan pembahasan

Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak yang berumur enam sampai tujuh tahun lebih suka membaca dengan metode gambar karena lebih memudahkan mereka meresapi apa yang mereka baca berdasarkan data yang telah di peroleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar