Review jurnal Grafika Komputer 2
Review
jurnal
Nama : Ragil Yoga Mahendra
Kelas : 3IA03
NPM : 54417881
Dosen : Karmilasari
Matkul : Grafika Komputer 2
Judul : Meningkatkan
Kemampuan Membaca Dengan Metode Gambar
Meningkatkan
Kemampuan Membaca Dengan Metode Gambar
Abstrak
Membaca merupakan pembelajaran penting bagi anak-anak
usia pemula. Dengan belajar Membaca mereka akan mendapatkan informasi dari
bacaan Yang mereka baca. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan kemampuan membaca anak dengan bantuan gambar. Semakin seseorang itu
Membaca buku, seharusnya akan semakin cepat kemampuan mebacanya. Tetapi Dengan
gambar biasanya anak-anak akan lebih mudah mengerti visualisasi tentang apa
yang mereka baca, dan mereka tidak akan mudah merasa bosan karena ada metode
gambar dalam proses Membaca, Karena dapat mempengaruhi minat membaca pada anak
itu sendiri.
Pendahuluan
Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa
tulis yang bersifat reseptif. Disebut reseptif karena dengan membaca seseorang
akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru.
Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan memungkinkan orang tersebut mampu
mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas
wawasannya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca di sekolah mempunyai peranan
yang penting. Dalam pembelajaran membaca, guru dapat memilih wacana-wacana yang
berkaitan dengan tokoh nasional, kepahlawanan, kenusantaraan, dan kepariwisataan.S
elain itu melalui contoh pembelajaran membaca, guru dapat mengembangkan
nilai-nilai moral, kemampuan bernalar, dan kreativitas anak didik.
Metode Penelitian
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang penulis urai di MIN Buol Kabupaten Buol. Subjek penelitian adalah siswa
kelas 1 berjumlah 26 orang, 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa
perempuan yang rata rata berumur enam
tahunsampai tujuh tahun dengan karakteristik yang
berbeda-beda dan lebih menyukai proses pembelajaran dengan metode bervariasi,
tidak hanya di dalam ruangan kelas saja. Siswa lebih senang proses pembelajaran
yang memberi kesempatan siswa untuk eksistensi diri melihat tampilan
teman-temannya. Namun siswa yang aktif dalam diskusi hanya siswa yang tertentu
saja. Sebagian besarmasih kurang aktif dan kurang kreatif dalam belajar.
Latar belakang sosial- ekonomi siswa mayoritas anak
petani dengan tingkat kesejahteraan menengah kebawah. Buku-buku pembelajaran
yang di miliki sendiri masih terbatas, namun rata-rata mereka memanfaatkan
sarana perpustakaan sekolah yang cukup memadai. Kemampuan akademik siswa masih
terbatas karena motivasi belajar siswa yang rendah. Situasi kelas saat
pembelajaran masih belum optimal, siswa masih belum seluruhnya mempunyai
keaktifan dalam belajar.
a. Teknik analisis data
Analisis data dalam penelitian ini dilakukan
terus-menerus dalam proses pembelajaran sampai akhir penelitian. Semua data
yang dikumpulkan dianalisa secara kualitatif dengan nilai data yang di peroleh
dari sumbernya.
Hasil Dan pembahasan
Hasil dari penelitian ini adalah anak-anak yang
berumur enam sampai tujuh tahun lebih suka membaca dengan metode gambar karena
lebih memudahkan mereka meresapi apa yang mereka baca berdasarkan data yang
telah di peroleh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar